Tampil Mengesankan, Belgia Jadi Salah satu Calon Juara Piala Dunia 2018

Timnas Belgia 2018

Timnas Belgia semakin matang usai babak 16 besar Piala Dunia 2018 yang lalu. Melawan timnas Jepang, Eden Hazard dan pemain lainnya sukses dengan skor 3-2 setelah sempat selisih dua gol di babak awal.

Tim asuhan Roberto Martinez sudah selisih 0-2 ketika sang pelatih akhirnya menurunkan Marouane Fellaini dan Nacer Chadli pada menit ke-65, Fellaini dapat menciptakan gol sebelum kemudian, Chadli menciptakan gol kemenangan pada menit keempat dalam injury time.

Timnas Jepang sendiri bermain dengan mengesankan dan keberhasilan yang mereka buktikan di Rostov setelah Genki Haraguchi dapat memainkan umpan jauh Gaku Shibasaki, dengan Jan Vertonghen saat itu melakukan pelanggaran dan menciptakan skor untuk tim Sakura.

Takashi Inui menciptakan skor ke 2 menambah nilai Jepang saat sepakannya tidak dapat dihalau Thibaut Courtois. Nilai tersebut jelas menjadi modal baik untuk negara wakil Asia itu masuk ke babak perempat final sekaligus jadi catatan sejarah baru untuk mereka.

Selisih dua gol dan penampilan tim kian terpuruk, Roberto Martinez akhirnya menurunkan jagoannya Fellaini dan Nacer Chadli. Sekatika, tim berubah gahar setelah Jan Vertonghen menciptakan gol dari sundulan nya.

Sundulan Fellaini dari umpan Eden Hazard juga membuat Belgia sama 2-2 sebelum Chadli menciptakan gol kemenangan menggunakan umpan Thomas Meunier dengan baik. Gol tersebut sekaligus menjadikan timnas Red Devils terhindar dari daftar timnas unggulan yang pulang awal di Piala Dunia 2018.

Timnas Belgia memang bertempur dengan pemain unggulan, seperti Eden Hazard, Kevin De Bruyne, Romelu Lukaku sampai Thibaut Courtois yang sudah berpengalaman di Eropa. Martinez dan para pemainnya tentu berada di atas awal memasuki babak perempatfinal di turnamen ini.

Selama 60 menit tampil di Rostov, Eden Hazard dan rekan-rekan lainnya sempat tampil tak terarah dengan lini pertahanan tangguh dari Jepang. Namun mental dan kepercayaan diri mereka kembali bangkit dengan gol dari Vertonghen. Ditambah Fellaini yang dapat membangkitkan gelora kemenangan di menit ke-74. Dan gol penentu lewat Courtois dari menuju De Bruyne.

Lukaku sendiri sudah menciptakan 17 gol dalam 11 laga dengan timnasnya, namun dia dapat menahan egonya di gol terakhir dan memainkannya pada pemain lain. Setelah kemenangan tersebut, Belgia akan melawan timnas besar di turnamen empat tahunan ini.

Belgia akan melawan pemegang lima gelar juara Piala Dunia, yakni timnas Brasil di Kazan. Pemenang laga ini akan melawan Prancis atau Uruguay yang bertempur di laga sehari sebelumnya.

 

hedi